Teknik Lingkungan di Beberapa Perguruan Tinggi

Teknik Lingkungan di Beberapa Perguruan Tinggi
1. Institut Teknologi Bandung – ITB

Institusi teknik tertua di Indonesia ini sudah memiliki jurusan Teknik Lingkungan sejak tahun 1962. Awal berdirinya dinamakan Departemen Teknik Penyehatan yang pada waktu itu bergabung dalam Fakultas Teknis Sipil dan perencanaan ini adalah cikal bakal jurusan Teknik Lingkungan yang pertama di Indonesia

Untuk mendukung kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa, dll tersedia fasilitas laboratorium antara lain:

  • Laboratorium kualitas air
  • Laboratorium teknik pengolahan air
  • Laboratorium kualitas udara
  • Laboratorium higiene industri dan toksikologi
  • Laboratorium buangan padat
2. Institut Teknologi Sepuluh November – ITS Surabaya

Jurusan teknik lingkungan ITS bermula tahun 1983. Ketika ITS membuka program studi Teknik Penyehatan. Prodi ini resmi menjadi program studi Teknik Lingkungan pada tahun 1996.

Bahkan baru-baru ini jurusan Teknik Lingkungan di kampus yang terkenal sebagai kampus perjuangan ini, baru saja mendapatkan akreditasi Internasional dari AUN-QA. Kampus jurusan teknik lingkungan ITS dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat menunjang aktivitas mahasiswa seperti:

  • Ruang baca
  • Ruang komputer
  • Fasilitas pengolah limbah dan sampah
  • Tanggap darurat dan evakuasi

Ada beberapa laboratorium yang mendukung kegiatan belajar mahasiswa, demikian juga dengan penelitian mahasiswa dan doses, serta pelayanan pihak lain yang membutuhkan. Laboratorium tersebut adalah:

  • Laboratorium manajemen lingkungan dan PPM
  • Laboratorium pengendalian pencemaran udara dan perubahan iklim
  • Laboratorium limbah padat dan B3
  • Laboratorium air minum dan sumber daya air
  • Laboratorium sanitasi lingkungan dan fitoteknologi
  • Laboratorium fundamental teknik lingkungan
3. Universitas Andalas

Program studi teknik lingkungan di Universitas Andalas mulai berdiri tahun 1996, menjadi bagian dari jurusan teknik sipil. Sejak Mei 2005 prodi TL resmi statusnya menjadi jurusan teknik lingkungan.

Sarana laboratorium yang dimiliki, meliputi:

  • Laboratorium kualitas udara
  • Laboratorium air
  • Laboratorium buangan padat
  • Laboratorium mikrobiologi lingkungan
4. Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Trisakti

Di perguruan tinggi swasta ternama di Ibu Kota ini, jurusan teknik lingkungan berada di bawah Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan. Jurusan ini berdiri pada tahun 1985 dengan SK pendirian ditandatangai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.073/0/1985 tertanggal 18 Februari 1985. Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Trisakti, saat ini mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

5, Teknik Lingkungan Universitas Bakris

Program studi teknik lingkungan Universitas Bakire bisa dikatakan masih sangat muda. Prodi ini baru mulai beroperasi pada tahun ajaran 2012-2013. Namun, pada usianya yang masih sangat muda, program studi teknik lingkungan Universitas Bakrie sudah meraih akreditasi B dari BAN-PT.

6. Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Dipenogoro

Univesitas negeri di kota Semarang, Jawa Tengah ini mulai mendirikan program studi teknik lingkungan di tahun 1998. Pendirian berdasarkan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.377/DIKTI/KEP/1998 yang ditetapkan pada tanggal 21 Oktober 1998. Penerimaan mahasiswa baru pertama kali dibuka pada tahun ajaran 1999/2000.

7. Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia

Program studi Teknik lingkungan di perguruan tinggi swasta terkemuka di kota Yogyakarta ini masih terbilang muda. Prodi ini baru berdiri pada tanggal 22 September 1999, namun saat ini perkembangannya bisa dibilang pesat. Salah satunya ditandai dengan dikantonginya akreditasi A dari BAN-PT.

8. Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Sumatera Utara

Perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara ini masih terbilang sangat baru dalam penyelenggaraan jurusan Teknik Lingkungan, yaitu tahun 2012. Status akreditasi jurusan ini masih C yang berlaku hingga tahun 2019.

9. Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Pasundan

Teknik Lingkungan Universitas Pasundan berdiri sejak tahun 1993, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.122/D/O/1993 tertanggal 11 September 1993. Saat ini Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Pasundan telah terakreditasi B.

10. Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Sultan Agung

Perguruan tinggi swasta di kota Semarang ini mulai membuka jurusan teknik lingkungan di tahun 1998. Di UNISSULA, jurusan teknik lingkungan berada dibawah fakultas teknik.

11. Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Yogyakarta

Institusi yang terletak di kota Yogyakarta ini, dahulu dikenal dengan nama sekolah tinggi teknik lingkungan. Berdiri pada tanggal 22 September 1999 dengan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No.413/DIKTI/kep/1999. Status di awal berdirinya masih terdaftar.

Saat ini program studi teknik lingkungan ITY mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.

12. Jurusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Surabaya

Status jurusan teknik lingkungan menjadi swasta disamakan serta berubah menjadi program studi pada tahun 2009 berdasarkan keputusan bersama Mendikbud No: Kep/0307/X/1994 dan Menhakam No: Kep/10/XI/1994.

Program studi teknik lingkungan berhasil memperoleh nilai akreditasi A.

13. Jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional Malang

Perguruan tinggi swasta di kota berhawa sejuk ini sudah membuka jurusan teknik lingkungan sejak tahun 1991. Jurusan/program studi teknik lingkungan di Institut ini, berada dibawah fakultas teknik sipil dan perencanaan.

Pada tahun 2009 jurusan teknik lingkungan telah melakukan reakreditasi di Badan Akreditasi Nasional dan mendapatkan kategori B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.025/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009.

14. Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Mulawarman

Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Kota Samarinda ini, mulai membuka program studi teknik lingkungan pada tahun 2004, dengan ketetapan Dirjen DIKTI Depdiknas No.2051/D/T/2004 Tentang izin penyelenggaraan Program Studi S1 teknik lingkungan.

Status akreditasi BAN-PT untuk jurusan teknik lingkungan Universitas Mulawarman adalah B.

15. Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin

Universitas terkemuka di Indonesia Timur ini mulai membuka program studi teknik lingkunan di tahun 2009. Di universitas Hasanuddin program studi teknik lingkungan berada dibawah fakultas teknik sipil dan perencanaan.

Untuk status akreditasnya, program studi teknik lingkungan Unhas telah memperoleh akreditasi B.

Sumber

Judul Buku : Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan

Penulis : Widyanti Yuliandari

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Share this post

Post Comment