Belajar Apa Saja di Teknik Lingkungan?

Belajar Apa Saja di Teknik Lingkungan?
Mata Kuliah

Apa saja yang dipelajari di Teknik Lingkungan? Tentu saja ada beberapa mata kuliah dasar, seperti halnya yang dapat diajari di jurusan lain, misalnya bahasa inggris, Fisika Dasar, Wawasan Kebangsaan, Kalkulus, Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah dan Agama. Sedangkan mata kuliah yang lain, secara umum ada beberapa mata kuliah yang memiliki kesamaan dengan teknik sipil, seperti Perpetaan, Mekanika Tanah, Geohidrologi, Perencanaan Struktur Dll.

Terkadang penamaan mata kuliah dan detail materi perkuliahan di Teknik Lingkungan bisa berbeda di tiap perguruan tinggi. Ada pula mata kuliah pilihan yang berbeda antara Teknik Lingkungan di satu perguruan tinggi dengan lainnya namun sebenarnya intinya hampir sama. Seperti apa materi yang dipelajari dalam setiap mata kuliah? Ini penjelasan singkatnya.

  • Menggambar Teknik – Mata kuliah ini adalah dasar yang sangat penting bagi mahasiswa TL untuk dapat menuangkan rancangannya ke dalam bentuk gambar. Dalam mata kuliah menggambar teknik ini biasanya akan di ajarkan mulai dari pengenalan alat gambar, notasi, hingga aplikasi menggambar sederhana baik secara manual maupun menggunakan CAD.
  • Hidrolika – Bisa dikatakan ini adalah mata kuliah yang sangat mendasar untuk dapat memahami berbagai mata kuliah khas Teknik Lingkungan Selanjutnya. Mata kuliah hidrolika akan menjelaskan perilaku air yang bersifat statis dan dinamis dan aplikasinya pada saluran tertutup dan saluran terbuka.
  • Perpetaan – Kemampuan memahami peta sangat diperlukan dalam perencanaan, termasuk dalam pekerjaan-pekerjaan teknik lingkungan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa TL akan mempelajari sejarah peta, penentuan posisi sistem satuan, tinjauan peta, simbol, profiling, contouring, generalisasi, dasar-dasar fotogrametri, stereoskop, interpretasi foto udara, penentuan luas lahan, waterpass serta pengenalan alat dan hitungannya.
  • Hidrologi dan Geohidrologi – Mata kuliah ini erat berkaitan dengan hujan. Didalamnya dipelajari mulai soal siklus hidrologi juga pengukurannya. Diajarkan pula bagaimana analisis hujan sebagai dasar perencanaan sistem drainese serta analisis keberadaan air tanah.
  • Unit operasi Teknik Lingkungan – Di mata kuliah inilah teori dasar tentang operasi pengolahan air dipelajari. Jadi disini akan dibahas teori dasar pengolahan air, seperti screening, pengadukan, sedimentasi, filtrasi dan floatasi. Pemahaman akan prinsip-prinsip hidrolika sangat dibutuhkan dalam mata kuliah ini.
  • Pengolahan Sumber Daya Air – Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan belajar berbagai hal berkaitan dengan sumber daya air, mulai dari siklus hidrologi, hutan, sungai, danau, kolam alamiah dan buatan, lahan basah, air tanah dan air hujan, dll. Selain itu, akan dipelajari juga pengertian serta konsep pengelolaan sumber daya air, termasuk aspek legalnya.
  • Statistik lingkungan – Dalam bidang apapun, rasanya kemampuan berkaitan dengan penggunaan data pasti sangat dibutuhkan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan belajar mengenai analisis desktriptif dalam bidang statistik mengenai penentuan jumlah sampel berdasarkan populasi dan ruang, penyajian data, distribusi frekuensi, nilai sentral dan dispersi, momen dan kartesian.
  • Kimia Lingkungan – Intinya mata kuliah ini mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi di lingkungan, baik di tanah, air dan udara. Hal-hal yang dipelajari di antaranya: analisis kualitatif dan kuantitatif kimia anorganik, hidrolisis, oksidasi reduksi, fotokimia, keseimbangan reaksi kima, kinetika dll.
  • Mikrobiologi Lingkungan – Mikrobiologi mempelajari mahluk hidup berukuran renik seperti bakteri, virus dan protozoa. Dalam mata kuliah Mikorbiologi Lingkungan, akan dipelajari dasar-dasar mikrobiologi seperti struktur sel dan fisiologi, klasifikasi dan penyebaran mikroba, reproduksi, kinetika enzim dan kebutuhan nutrisi.
  • Teknis Analisis Pencemar Lingkungan – Bahan pencemar harus dapat terukur secara empiris sehingga dapat dievaluasi dan dicari solusinya. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana menganalisis parameter kualitas air minum, air limbah, sampah dan tanah, juga akan diajarkan bagaimana cara menginterpretasikan data hasil analisis laboratorium.
  • Mekanika Tanah dan Geohidrologi – Ilmu Mekanika tanah adalah ilmu yang lebih dekat ke Tekinik Sipil. Dalam pekerjaan-pekerjaan di bidang Teknik Lingkungan, pengetahuan ini juga diperlukan untuk menunjang perencanaan bangunan.
  • Perencanaan Struktur – Mata kuliah ini khas mata kulia Teknik Sipil yang juga diajarkan di jurusan teknik lingkungan. Tujuannya agar mahasiswa paham dan dapat merancang bangunan struktur beton dan baja sederhana pada bangunan dibidang teknik lingkungan. Materi kuliahnya meliputi: teori dasar struktur, pengetahuan teknologi beton dan baja, perhitungan struktur beton dan baja, serta perhitungan Bill of Quantity dan Rencana anggaran biaya pada bangunan.
  • Unit Proses Teknik Lingkungan – Proses kimia dan biologis sangat erat kaitannya dengan bidang-bidang Teknik Lingkungan, misalnya pada pengolahan air dan air limbah. Proses-proses inilah yang akan dipelajari dalam mata kuliah Unit Proses Teknik Lingkungan ini. Tujuannya agar mahasiswa mampu menentukan proses pengolahan yang diperlukan sesuai dengan karakteristik pencemarnya.
  • Pencemaran Udara – Mahasiswa akan belajar hal-hal mendasar tentang udara dan pencemaran udara mulai dari definisi, sumber pencemar, dampak pencemaran udara, parameter-parameter pencemaran udara dll. Disini juga akan dipelajari peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pengolahan kualitas udara.
  • Remediasi Badan Air dan Pesisir – Remediasi adalah pembersihan/pemulihan sesuatu dari kondisi tercemar. Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang pengenalan lingkungan badan air dan pesisir, sumber-sumber dan jenis pencemar serta dampaknya, transpor dan transformasi pencemar, metode pengendalian pencemaran, teknologi pemulihan badan air dan pesisir dll.
  • Pengendalian Emisi dan Ambien – Mata kuliah ini erat kaitannya dengan persoalan pencemaran udara. Dalam mata kuliah ini yang dibahas antara lain: pengendalian pencemaran udara, pengendalian emisi dari sumber bergerak pengenalan peralatan, pengendalian udara dari sumber tidak bergerak, juga mempelajari penentuan titik sampling, dll.
  • Sistem Penyediaan Air Minum – Pekerjaan penyediaan air minum juga merupakan salah satu bidang Teknik Lingkungan. Mata kuliah ini juga sangat khas Teknik Lingkungan. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diberikan materi mulai dari penentuan daerah pelayanan, penentuan kebutuhan air, analisis jaringan pipa distribusi, hingga pengendalian kebocoran.
  • Sistem Penyaluran Air Limbah – Intinya, mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana air limbah dialirkan dari sumbernya hingga mencapai bangunan pengolahan yang biasa disebut Instalais Pengolah Air Limbah (IPAL). Tentunya banyak hal yang perlu diketahui dan diperhatikan, sehingga alirannya dari sumber hingga bangunan pengolah tidak mengalami hambatan ataupun menimbulkan masalah.
  • Sistem Drainase Perkotaan – Di Indonesia, umumnya penyaluran air hujan menjadi satu dengan air kotor dari rumah-rumah atau sumber air limbah lainnya. Sebenarnya, idealnya air hujan memiliki saluran tersendiri. Di mata kuliah drainase inilah akan dibahas tentang bagaimana menyalurkan air hujan. Materinya mencakup analisis hidrologi, penentuan catchmen area rencana jaringan dll.
  • Manajemen Proyek – Mata kuliah ini sangat penting, sebagai bekal bagi mahasiswa ketika memasuki dunia kerja dan terjun langsung mengelola proyek di bidang Teknik Lingkungan. Materi yang dibahas meliputi prinsip manajemen proyek, daur/siklus proyek, organisasi proyek, perencanaan proyek dll.
  • Metodologi Penelitian – Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar bagaimana merancang sebuah penelitian, membuat proposal penelitian, hingga menuliskan laporan ilmiah serta mempresentasikan hasil penelitian.
  • Pengelolaan Sampah – Bidang yang satu ini sangat khas Teknik Lingkungan. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari dasar-dasar pengelolaan sampah, perencanaan pengurangan sampah, pengumpulan dan pemindahan sampah, serta perencanaan pengelolaan sampah dan lumpur serta pengendalian pencemaran incinerator (fasilitas untuk membakar sampah yang sudah tidak dapat dipakai ulang atau didaur ulang).
  • Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum – Pada mata kuliah ini juga akan dibahas dasar perencanaan, pemilihan proses pengolahan air, desain dan perhitungan dimensi bangunan-bangunan pengolahan air minum termasuk IPAM (Instalasi Pengolahan Air Minum) skala kecil, sampai menghitung estimasi biaya investasi.
  • Perencanaan Bangunan Pengelolaan Air Limbah Setempat – Mata kuliah ini materinya meliputi: sumber air limbah, karakteristik dan kuantitas air limbah, mengenal berbagai teknologi pengolahan air limbah setempat, pengolahan air limbah setempat, pemilihan teknologi, menghitung dimensi bangunan, bahkan sampai ke perhitungan kebutuhan anggarannya.
  • Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah Terpusat – Mata kuliah ini mempelajari segala sesuatu tentang Bangunan Pengolahan Air Limbah terpusat atau off-site. Mulai dari master plan, pradesain, desain dll.

Sumber

Judul Buku : Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan

Penulis : Widyanti Yuliandari

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Share this post

Post Comment